Minggu, 28 Desember 2008

PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES

PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES (PKP)


A. Rasional PKP

Beberapa alasan yang mendasari perlunya diterapkan pendekataran keterampilan Proses :

1) Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat

2) Anak didik mudah memahami konsep-konsep yang rumit dan abstrak jika dilifatkan secara fisik dan mental melalui percobaan dan praktek langsung

3) Anak didik perlu dilatih untuk berfikir secara aktif, kreatif, dan inovatif mellaui latihan bertanya, diskusi, mengamati, mengklasifikasi, menginterpretasi, memprediksi, menerapkan, menilai, berpikir kritis dan mengupayakan berbagai kemungkinan jawaban

4) Pendekatan keterampilan proses memberikan keluwesan dalam belajar dan perbedaan individual anak dapat dilayani dalam kegiatan belajar mengajar

b. Pengertian PKP

PKP adalah pendekatan belajar mengajar yang mengarah pada pengembangan kemampuan mental, fisik, dan sosial yang mendasar sebagai penggerak kemampuan yang lebih tinggi dalam diri individual.

Keterampilan proses terdiri dari tujuh keterampilan yaitu :

1. Mengamati

2. Mengklasifikasikan

3. Menginterpretasikan

4. Meramalkan

5. Menerapkan

6. Merencanakan penelitian

7. Mengkomunikasikan

c. Hal-hal yang harus diperhatikan guru dalam penerapan PKP

1. Menyusun program sedemikian rupa

2. Perlunya pengorganisasian kelas

3. Memilih metoda dan media yang menunjang aktivitas siswa

4. Evaluasi proses dan hasil belajar yang secara komprehensif

d. Peranan guru dalam penerapan PKP

1. Guru membimbing dan mendidik siswa untuk lebih terampil dalam mengemukakan pengalaman, pendapat dan hasil temuannya

2. Guru menghidpkan suasana belajar yang kondusif

3. Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang menantang

4. Guru harus memancing keterlibatan siswa dalam belajar

5. Guru harus memberikan semangat yang tinggi kepada siswa dalam mengajar

6. Guru melakukan komunikasi yang efektif dan memberikan informasi yang jelas, tepat, dan tidak samar-samar pada siswa

7. Guru mendorong siswa untuk dapat menyimpulkan suatu masalah berdasarkan fakta, konsep, dan prinsip yang diketahui

e. Model-model mengajar dalam PKP

1. Model Dengan Lihat Kerjakan (Delikan)

Model ini menekankan informasi partisipasi penyusunan satuan pelajaran smaa dengan sistematika sautu pelajaran baisa, perbedaannya hanya apda urutan kegiatan belajar siswa yang dikemabngkan menjadi tiga kegiatan yakni: (a) kegiatan dengar, (b) kegiatan lihat, (c) kegiatan kerja.

2. Model mengajar pemecahaan masalah

a. Pola kegiatan pembelajaran ini mengandung aktivitas belajar siswa yang cukup tinggi, tepat digunakan untuk mengajarkan konsep dan prinsip

b. Penyusunan satuan pelajaran hampir sama dengan model lain. Yang perlu diperhatikan adlaah menyusun dan mengorganisasikan bahan ajar.

3. Model Mengajar Induktif

a. Model kegiatan pembelajarna yang dikembangkan melalui cara berfikir induktif yaitu menarik kesimpulan dari fakta khussu menuju kepada hal yang umum

b. Petunjuk pembautan satu pelajaran

- waktu paling sedikit 2 jam pelajaran

- rumusan tujuan mencakup penyusunan bahan ajar dan keterampilan proses

- Bahan pengajaran terdiri dari konsep materi, fakta, peristiwa, gejala yang akan diamati oleh siswa dan topik yang didiskusikan

- Urutan belajar siswa

- Penilaian

4. Model Mengajar Deduktif

a. Pola belajar mengajar yang didasarkan atas cara berfikir deduktif adalah menarik kesimpulan dari pernyataan umum menjad pernyataan khusus

b. Petunjuk pembuatan satuan pelajaran

Model ini mulai dari kegiatan empiris melalui pengamatan gejala peristiwa atau proses di lapangan atau dilaboratorium dan diakhiri dengan generalisasi/ penemuan.

5. Model Mengajar Gabungan Deduktif Induktif

a. Pola BM yang menggabungkan penggunaan kedua model ini dalam satu proses pembelajaran. Tahap pertama menggunakan pendekatan deduktif kemudian dilanjutkan dengan pendekatan induktif.

- Pendekatan deduktif menekankan kajian konsep dan prinsip-prinsip bahan pengajran secara teorits, berdasarkan prinsip-prinsip pengetahuan ilmiah.

- Pendekatan induktif menekankan kajian bukti-bukti empiris dari konsep dan prinsip

b. Petunjuk pembuatan satuan pelajaran

1 komentar:

  1. terimaa kasih telah menulis topik ini
    terus berkarya teman

    BalasHapus