Pendekatan atau strategi pembelajaran merupakan penterjemahan filsafat atau teori mengajar menjadi rumusan tentang cara mengajar yang harus ditempuh dalam situasi-situasi khusus atau dalam keadaan tertentu yang spesifik.
- Pendekatan ditinjau dari segi pengolahan pesan
1. Belajar penerimaan
a. Penyajian informasi yang diberikan dalam bentuk penjelasan simbolik atau demonstrasi praktis
b. Tes terhadap resepsi, ungkapan dan pemahaman. Ulangi pesan/ informasi bila diperlukan
c. Menyediakan kesempatan untuk menerapkan prinsip umum sebagai latihan dengan suatu contoh tertentu
d. Menyediakan kesempatan untuk penerapan ke dalam situasi nyata sesuai dengan informasi yang baru dipelajari
2. Belajar penemuan
Metode dikoveri
a. Menyajikan kesematan untuk bertindak atau berbuat dan mengamati konsekuensi-konsekuensi tindakan tersebut
b. Tes terhadap pemahaman
c. Penyajian kesempatan-kesempatan
Metode inquiry
a. Identifikasi kebutuhan siswa
b. Seleksi pendahuluan terhadap prinsip-prinsi, pengertian dan neralisasi
c. Guru membantu memperjelas tugas
d. Seleksi bahan dan problema atau tugas-tugas
e. Mempersiapkan setting kelas dan alat-alat yang diperlukan
f. Mencek pemahaman siswa terhadap masalah yang akan dipecahkan
g. Memberi kesempatan bagi siswa untuk melakukan penemuan
h. Membantu siswa dengan informasi atau data jika diperlukan
i. Guru memimpin analisis sendiri
j. Merangsang terjadinya interaksi antara siswa
k. Memotivasi siswa yang giat dalam proses penerimaaan
l. Membantu siswa merumuskan prinsip-prinsip dan generalisas atas hasil penemuan
b. Pendekatan ditinjau dari Pengorganisasian Siswa
1. Pembelajaran secara individual
Adalah kegiatan belejara mengajar yang menitik beratkan bantuan dan bimbingan belajar kepad amsing-masing individu. Ciri-cirinya :
a. Pencapaian tujuan pengajaran
b. Peranan siswa dan guru
c. Program pembelajaran
2. Pembelajaran Secara Kelompok
Dalam embelajaran kelomopok hubungan guru dengan siswa lebih akrab, kelompok memperoleh bantuan sesuai dengan kebutuhan dan keamanan, sementara siswa terlibat secara aktif dalam kelompok rangka pencapain tujuan belajar. Ciri-cirinya :
a. Pencapaian tujuan pengajaran
b. Peranan guru dan siswa
3. Pembelajaran secara klasikal
Pembelajaran klasikal menuntut kemampuan guru sekaligus dalam dua hal yaitu mengelola kelas dan mengelola pembelajaran. Pengelolaan kelas adalah penciptaan kondisi yang memungkinkan terselenggaranya kegiatan belajar dengan baik. Pengelolaan pembelajaran bertujuan untuk mencapati tujuan belajar. Tekanan utama pembelajaran klasikal adalah anggota seluruh kelas.
c. Pendekatan ditinjau dari segi format belajar
1. Pembelajaran tatap muka adalah proses pembelajaran dimna guru dan siswa terlibat langsung dalam proses pembelajran yang berlangsung
2. Pembelajaran non-tatap muka atau disebut juga dengan belajar mandiri.
d. Posisi guru dan sisiwa dalam pengelolaan pesan
Dalam kegiatan belajar mengajar guru berusaha agar pesan atau materi pelajaran yang mencakup pengetahuan, sikap dan keterampilan dapat dikuasaioleh siswa dengan baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar