Minggu, 28 Desember 2008

MASALAH-MASALAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

MASALAH-MASALAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

a. Jenis-jenis Masalah Belajar
Prayitno (1994:90) mengemukakan masalah-masalah, sebagai berikut :
Keterampilan akademik yaitu keadaan siswa yang diperkirakan memiliki intelegensi yang cukup, tetapi tidak dapat memanfaatkannya secara optimal.
- Ketercepatam dalam belajar
- Sangat lambat dalam belajar
- Kurang motivasi dalam belajar
- Bersikap dan berkebiasan buruk dalam belajar

b. Faktor-faktor Penyebab Timbulnya Masalah Belajar
1. Faktor yang bersumber dari diri pribadi sendiri yaitu faktor psikologis seperti intelegensi, bakat, minat, motivasi, kematangan
2. Faktor yang bersumber dari lingkungan sekolah yaitu kurikulum, metode mengajar, hubungan guru dengan guru, hubungan guru dengan murid, sarana dan prasarana
3. Faktor yang bersumber dari lingkungan keluarga yaitu ekonomi keluarga, hubungan antar sesama keluarga, tuntutan orang tua, pendidikan orang tua
4. Faktor yang bersumber dari lingkungan masyarakat yaitu masmedia ceta seperti komik, buku-buku pornografi, media elektronik, TV, VCD, Video, Playstation , dsb

C. Cara Pengungkapan Masalah Belajar
Menurut Prayitno (1995:90-94) murid yang mengalami masalah belajar dapat dikenali melalui prosedur pengungkapan melalui :
- Tes kemampuan dasar, tingkat kemampuan dasar biasanya diukur/ diungkapkan dengan mengadministrasikan tes intelegensi yang sudah baku
- Melalui pengisian AUM PTSDL
- Tes diagnostik, merupakan instrumen untuk mengungkapkan adanya kesalahan yang dialami oleh siswa dalam bidang pelajaran tertentu misalnya untuk bidang studi Matematika apakah dijumpai kesalahan-kesalahan dalam operasi matematika/ dalam pemakaian rumus
- Analisis hasil belajar, dilaksanakan dengan jalan memeriksa secara langsung materi hasil belajar yang ditampilkan siswa
- Diagnosa kesulitan belajar
1. Identifikasi siswa yang mengalami kesulitan belajar
2. Melokalisasi letaknya kesulitan
3. Lokalisasi jenis faktor sifat yang menyebabkan mereka mengalami berbagai kesulitan
4. Perkiraan kemungkinan bantuan
5. Penetapan kemungkinan cara mengatasinya
6. Tindak lanjut

d. Upaya Pengentasan Masalah Belajar
Beberapa upaya yang dapat dilakukan menurut Prayitno (1994:94-99) adalah :
1. Pengajaran perbaikan → diberikan kepada seseorang/ sekelompok orang yang menghadapi masalah-masalah belajar dengan maksud untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam proses hasil belajar siswa
2. Proses pengayaan → diberikan kepada seseorang/ beberapa orang siswa yang sangat cepat dalam belajar. Mereka memerlukan tugas tambahn yang terencana untuk menambah/ memperluas pengetahuan dan keterampilan yang telah dimilikinya dalam kegiatan belajar sebelumnya
3. Peningkatan Motivasi Belajar → tingkah laku seperti kurang semangat, jaro, malas, bosan dapat dijadikan indikator kurang kuatnya motif (motivasi) dalam belajar
4. Pengembangan sikap dan kebiasaan belajar yang baik → bila siswa tidak memiliki sikap dan kebiasaan belajar yang baik dikhawatirkan mereka tidak akan mencapai hasil belajar yang baik
5. Layanan konseling individual → konseling merupakan pelayanan khusus dalam hubungan langsung tatap muka antara konselor dan klien

1 komentar:

  1. SALAM w.b.t mas
    moga sihat sekeluarganya. amin3x

    memang menarik komentarnya mas

    kenapa ya mas... enggap di invite sik... YM saya?

    huhu

    dr. khalifah
    http://fendicenter.blogspot.com
    YM= pendi_842020@yahoo.com

    BalasHapus