Minggu, 28 Desember 2008

SYARAT-SYARAT KESUKSESAN BELAJAR

SYARAT-SYARAT KESUKSESAN BELAJAR


a. Kesuksesan Belajar
Hasil belajar (daya serap) siswa disekolah yang ideal apabila mereka mampu menguasai sepenuhnya (90-100%) materi pelajaran dengan berbagai tuntutan yang meliputi unsur-unsur/ ranah kognitif, afektif dan psikomotornya.
Prayitno (1997) mengemukakan bahwa, selemah-lemahnya PBM di dalam kelas, apabila siswa melakukan kegiatan belajar sendiri dengan sehebat-hebatnya, hasil yang lebih tinggi akan lebih mungkin dicapai.

b. PTSDL
a. Persyarat Penguasaan Materi Belajar (P)
Rendahnya penguasaan materi (daya serap siswa dalam mata pelajar tertentu sering kali bukan karena kemampuan dasar/ kecerdasan siswa itu yang rendah tetapi disebabkan kondisi yang secara langsung terkait dengan materi pelajaran itu sendiri, yaitu mereka tidak menguasai materi-materi tertentu yang menjadi prasyarat untuk menguasi materi selanjutnya.

b. Keterampilan Belajar (T)
Sejumlah keterampilan belajar yang secara praktis dikuasi oleh siswa untuk mencapai hasil belajar dan daya serap yang tinggi, antara lain menurut Ron Fry, yaitu (1) mengatur pelajaran (2) membaca dan mengingat (3) mengatur waktu belajar (4) mengikuti pelajaran kelas (5) menggunakan kepustakaan dan sumber-sumber belajar (6) menulis karya tulis dengan dengan baik dan mempersiapkan diri untuk ujian.

c. Sarana Belajar (S)
Ketersediaan sarana belajar merupakan salah satu aspek yang penting dalam menunjang kesuksesakn siswa dalam mencapai hasil belajar yang optimal. Siswa yang sedang menjali kegiatan belajar seharusnya dilengkapi dengan sarana yang cukup memadai sehingga mereka mampu memanfaatkannya untuk kelancaran kegiatan belajar dengan hasil belajar yang tinggi.
Sarana belajar yang dimaksud disni adalah materi dan perlengkapan serta peralatan yang dapat digunakan oleh siswa dalam kegiatan belajar yang baik belajar dikelas, sekolah dilabor/ workshop maupun dirumah.

d. Keadaan Diri Pribadi (D)
Kondisi diri pribadi siswa perlu menjadi perhatian guru untuk dikembangkan ke arah yang lebih positif.

e. Lingkungan Sosial-Ekonomi (L)
Betapun baiknya penguasaan materi persyaratan, keterampilan belajar serta dukungan sarana belajar dan keadaan diri pribadi siswa apbila tidak didukung secara positif oleh lingkungan sosial emosional yang berada disekitarnya maka kesuksesan belajar yang tinggi sulit dicapai oleh siswa yang bersangkutan.

1 komentar:

  1. Lanjutkan trus PTSDL,,

    moga para pelajar Indonesia mkin memahami cara belajar yang baik dan benar...

    BalasHapus