Minggu, 28 Desember 2008

Cara Membuat Daftar Pustaka dan Kutipan Langsung

1. Contoh kutipan langsung yang tidak lebih dari empat baris yang nama penulisnya diletakkan sebelum teks yang dikutip :

Bustam (1996:24) mengungkapkan, “Konsep penyebab dan proses terjadinya penyakit karena proses interaksi antara manusia (penjamu) dengan berbagai sifat (biologis, filosofis, sosiologis dan antropologis) dengan penyebab (agen) serta lingkungan. Ketiga unsur tersebut perlu dalam keadaan seimbang.”


2. Contoh kutipan langsung yang tidak lebih dari empat baris yang nama penulisnya diletakkan sesudah teks yang dikutip :

“Konsep penyebab dan proses terjadinya penyakit karena proses interaksi antara manusia (penjamu) dengan berbagai sifat (biologis, filosofis, sosiologis dan antropologis) dengan penyebab (agen) serta lingkungan. Ketiga unsur tersebut perlu dalam keadaan seimbang.” (Bustam, 1996:24).


3. Contoh kutipan langsung yang lebih dari empat baris yang nama penulisnya diletakkan sebelum teks yang dikutip :

Carlson dan Bukist (1997:19) menyatakan :
”Sikap mencerminkan bagaimana seseorang merasakan mengenai sesuatu. Sikap tersusun atas tiga komponen yaitu komponen kognitif, komponen afektif dan komponen perilaku. Komponen kognitif merupakan kumpulan kepercayaan mengenai suatu objek sikap, komponen afektif menyangkut perasaan, emosi terhadap objek sikap, sedangkan komponen perilaku merupakan kecenderungan tingkah laku.”


4. Contoh kutipan langsung yang lebih dari empat baris yang nama penulisnya diletakkan sesudah teks yang dikutip :

Sikap pada dasarnya adalah suatu kata yang digunakan untuk menunjukkan kecenderungan seseorang untuk berbuat / bertindak menurut cara tertentu dalam kondisi tertentu pula. Penjelasan tentang hal tersebut dapat dilihat pada kutipan dibawah ini.
“Sikap sebagai kesiapan seseorang untuk bertindak secara tertentu terhadap hal-hal tertentu. Sikap dapat bersifat positif dan dapat bersifat negatif. Dalam sikap positif kecenderungan tindakan adalah mendekati, menyenangi, mengaharapkan objek tertentu, sedangkan sikap negatif terdapat kecenderungan untuk menjauhi, menghindari, membenci, tidak menyukai objek tertentu.” (Sarwono, 1976:14)

5. Contoh kutipan tidak langsung yang nama penulisnya diletakkan sebelum teks yang dikutip :


Dari pengalaman dan penelitian menurut Soekidjo (1993:12) ternyata perilaku yang didasari oleh pengetahuan akan lebih langgeng (long lasting) dan perilaku yang tidak didasari pengetahuan tidak berlangsung lama.


6. Contoh kutipan tidak langsung yang nama penulisnya diletakkan sesudah teks yang dikutip :


Pengetahuan seseorang akan membentuk kepribadian seseorang. Setiap individu memiliki gambaran pribadi tentang dunia sekitar gambaran tersebut ditentukan oleh empat faktor : (1) lingkungan fisik sosialnya, (2) struktur kejiwaan, (3) keinginan dan tujuan, dan (4) pengalaman masa lalu (Krech, Crutchfield dan Ballachey, 1967:21).

7. Contoh daftar pustaka dari sebuah buku yang ditulis oleh seorang penulis dan nama penulis tersebut terdiri dari satu suku kata :

Abdulsyani 2002. Sosiologi : Skematika, Teori, dan Aplikasi. Jakarta : Bumi Aksara.


8. Contoh daftar pustaka dari sebuah buku yang ditulis oleh seorang penulis dan nama penulis tersebut terdiri dari dua suku kata :

Effendy, Christantie.1995. Perawatan Pasien DHF. Jakarta : Buku Kedokteran
9. Contoh daftar pustaka dari sebuah buku yang ditulis oleh dua orang penulis dan nama penulis tersebut masing-masing terdiri dari dua suku kata :

Soemirat, Juli. Widodo, Slamet. 2004. Kesehatan Lingkungan. Bandung : Gadjah Mada University Press


10. Contoh daftar pustaka dari sebuah buku yang ditulis oleh tiga orang penulis dan nama penulis tersebut masing-masing terdiri dari dua suku kata :

Ariawan, Iwan. Margatan, Arcole. Notoatmodjo, Soekidjo. 1993. Besar dan Metode Sampel pada Penelitian Kesehatan. Jakarta : Fakultas Kesehatan Masyarakat UI.

11. Contoh daftar pustaka dari sebuah artikel dari jurnal ilmiah ditulis oleh satu orang penulis dan nama penulis tersebut terdiri dari dua suku kata :

Sand, Cairnerros. 1992. “Sanitation and Water Supply Practical Lessons.” The Decade Journal of Health, Nomor 28, Halaman 79 – 95.


12. Contoh daftar pustaka dari sebuah artikel dari sebuah buku yang ditulis oleh satu orang yang artikel itu terdapat dalam sebuah buku yang diedit oleh satu orang penulis:

Aiken, Lewis. 1997. “Healthy Life”. Dalam Psychologycal Testing and Assesment. Buston, Alfred. London : Express Publishing.


13. Contoh daftar pustaka dari sebuah buku terjemahan :

Carlson, Neil.1992. Psikologi Dalam Tinjauan Ilmu Science. Diterjemahkan oleh Darmowondo. Widodo. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia


14. Contoh daftar pustaka yang diperoleh dari situs tertentu dari internet :

Mu’tadin, Zainun. 2007. “Kemandirian Sebagai Kebutuhan Psikologis Remaja.” (http://www.e-psikologi.com), download tanggal 30 Mei 2008.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar